PERANCANGAN APLIKASI EKSPLORASI VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID DI STMIK PARNA RAYA MANADO
Kata Kunci:
Virtual Reality, Android, Multimedia, EksplorasiAbstrak
Virtual Reality (VR) merupakan teknologi multimedia yang menggabungkan beberapa komponen
seperti objek tiga dimensi (3D) dengan suara dan tampilan stereoskopik yang menghasilkan lingkungan visual
sehingga pengguna dapat bereksplorasi dan seakan merasa berada dalam lingkungan nyata. Pengenalan bentuk
fisik kampus dengan menambahkan informasi profil kampus kedalam teknologi VR dapat menghasilkan
pengenalan dan pengalaman yang lebih menarik. Berdasarkan hal itu maka dibuat aplikasi eksplorasi Virtual
Reality di STMIK Parna Raya Manado berbasis Android.
Pembuatan scene dalam aplikasi ini menggunakan game engine Unity3D, sedangkan pembuatan objek
3D bangunan menggunakan plugin di dalam Unity3D yaitu ProBuilder. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan model Prototyping. Penelitian ini menghasilkan
aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi lingkungan kampus secara virtual serta mendapatkan
informasi profil kampus.
Referensi
Bamodu, O, X.Ye. 2013. Virtual Reality and Virtual
Reality System Components.
Paris: 2nd International Conference on
Systems Engineering and Modeling.
(Terjemahan).
Dalgarno, B, J. Hedberg, & B. Harper. 2002. The
contribution of 3D environments
to conceptual understanding. (Terjemahan).
Fendra, 2012. Aplikasi Virtual Museum Berbasis 3D.
Universitas Mercu Buana.
Gary, J. C. Thomas, & E. V. Misty. (2007).
Discovering Computers:
Fundamentals. 3th edition. (Terjemahan).
Jakarta: Salemba Infotek.
Hofstetter, F. T. 2001. Multimedia Literacy. Third
Edition. (Terjemahan).
Mabruroh, C. dan F. N. Dihan. 2010. Smartphone:
Antara Kebutuhan dan
E-Lifestyle. Seminar Nasional Informatika
(SEMANSIF).
Rahayu, N. S. 2013. Desain Multimedia. Kementrian
Pendidikan dan
Kebudayaan.
Rizki, Yoze. 2012. Markerless Augmented Reality
Pada Perangkat Android.
Surabaya: Institut Teknologi Surabaya.
Rosa, P. J, et al. 2016. The Immersive Virtual Reality
Experience: A Typology of
Users Revealed Through Multiple
Correspondence Analysis Combine with
Cluster Analysis Technique. (Terjemahan).
Cyberpsychology, Behavior, and
Social Networking, Vol. 19, No. 3.
Safaat, N. 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile
Smartphone dan Tablet PC
Berbasis Android. Bandung.
Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat Untuk
Meningkatkan Keunggulan Bersaing.
Yogyakarta: ANDI.
Yuniar, S. 2011. Semua Bisa Menjadi Programmer
Android. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Parna Raya. 2018. Selamat Datang di Website
Yayasan Parna Raya Manado
Diakses: tanggal 26 Juni 2018
Unity3D. 2018. ProBuilder joins Unity offering
integrated in-editor Advanced
Level Design.
https://blogs.unity3d.com/2018/02/15/probuil
der-joins-unity-
offering-integrated-in-editor-advanced-leveldesign/
Diakses: tanggal 26 Juni 2018
Wikipedia. 2017. Gamepad.
https://id.wikipedia.org/wiki/Gamepad.
Diakses: tanggal 12 Maret 2018.