PERANCANGAN APLIKASI EKSPLORASI VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID DI STMIK PARNA RAYA MANADO

Penulis

  • Tonny Laloan
  • Universitas Parna Raya Manado
  • Franky Manoppo

Kata Kunci:

Virtual Reality, Android, Multimedia, Eksplorasi

Abstrak

Virtual Reality (VR) merupakan teknologi multimedia yang menggabungkan beberapa komponen
seperti objek tiga dimensi (3D) dengan suara dan tampilan stereoskopik yang menghasilkan lingkungan visual
sehingga pengguna dapat bereksplorasi dan seakan merasa berada dalam lingkungan nyata. Pengenalan bentuk
fisik kampus dengan menambahkan informasi profil kampus kedalam teknologi VR dapat menghasilkan
pengenalan dan pengalaman yang lebih menarik. Berdasarkan hal itu maka dibuat aplikasi eksplorasi Virtual
Reality di STMIK Parna Raya Manado berbasis Android.
Pembuatan scene dalam aplikasi ini menggunakan game engine Unity3D, sedangkan pembuatan objek
3D bangunan menggunakan plugin di dalam Unity3D yaitu ProBuilder. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan model Prototyping. Penelitian ini menghasilkan
aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi lingkungan kampus secara virtual serta mendapatkan
informasi profil kampus.

Referensi

Bamodu, O, X.Ye. 2013. Virtual Reality and Virtual

Reality System Components.

Paris: 2nd International Conference on

Systems Engineering and Modeling.

(Terjemahan).

Dalgarno, B, J. Hedberg, & B. Harper. 2002. The

contribution of 3D environments

to conceptual understanding. (Terjemahan).

Fendra, 2012. Aplikasi Virtual Museum Berbasis 3D.

Universitas Mercu Buana.

Gary, J. C. Thomas, & E. V. Misty. (2007).

Discovering Computers:

Fundamentals. 3th edition. (Terjemahan).

Jakarta: Salemba Infotek.

Hofstetter, F. T. 2001. Multimedia Literacy. Third

Edition. (Terjemahan).

Mabruroh, C. dan F. N. Dihan. 2010. Smartphone:

Antara Kebutuhan dan

E-Lifestyle. Seminar Nasional Informatika

(SEMANSIF).

Rahayu, N. S. 2013. Desain Multimedia. Kementrian

Pendidikan dan

Kebudayaan.

Rizki, Yoze. 2012. Markerless Augmented Reality

Pada Perangkat Android.

Surabaya: Institut Teknologi Surabaya.

Rosa, P. J, et al. 2016. The Immersive Virtual Reality

Experience: A Typology of

Users Revealed Through Multiple

Correspondence Analysis Combine with

Cluster Analysis Technique. (Terjemahan).

Cyberpsychology, Behavior, and

Social Networking, Vol. 19, No. 3.

Safaat, N. 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile

Smartphone dan Tablet PC

Berbasis Android. Bandung.

Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat Untuk

Meningkatkan Keunggulan Bersaing.

Yogyakarta: ANDI.

Yuniar, S. 2011. Semua Bisa Menjadi Programmer

Android. Jakarta: Elex Media

Komputindo.

Parna Raya. 2018. Selamat Datang di Website

Yayasan Parna Raya Manado

http://www.parnaraya.ac.id/

Diakses: tanggal 26 Juni 2018

Unity3D. 2018. ProBuilder joins Unity offering

integrated in-editor Advanced

Level Design.

https://blogs.unity3d.com/2018/02/15/probuil

der-joins-unity-

offering-integrated-in-editor-advanced-leveldesign/

Diakses: tanggal 26 Juni 2018

Wikipedia. 2017. Gamepad.

https://id.wikipedia.org/wiki/Gamepad.

Diakses: tanggal 12 Maret 2018.

Diterbitkan

2022-12-01