PERANCANGAN SISTEM INFORMASI WEBSITE MARKETING DIGITAL PADA UNIVERSITAS PARNA RAYA

Penulis

  • Margaret Beatrix Getroyda Universitas Parna Raya
  • Irsyad Habin Dali Universitas Parna Raya
  • Gina Ekaruthiany Baeruma
  • Gede Erik Aktama Universitas Parna Raya

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Website, Marketing Digital

Abstrak

Pada era digital saat ini, kebutuhan akan sistem informasi berbasis website semakin meningkat Hal ini disebabkan karena website dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja dan dari mana saja, selama terhubung dengan internet. Universitas Parna Raya sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Sulawesi Utara juga membutuhkan website untuk memasarkan program studinya secara digital. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan merancang Sistem Informasi Website Marketing Digital pada Universitas Parna Raya agar dapat memasarkan program studinya secara online. Metode penelitian menggunakan metode Action Research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berhasil dirancang website marketing digital menggunakan CMS WordPress yang di-hosting di www.rumahweb.com. Desain antarmuka dibuat simple, informatif dan user friendly dengan memanfaatkan konten multimedia. Fungsionalitas website meliputi profil universitas, promo, video promosi, galeri, alur Pendaftaran, program studi, informasi pendaftaran online, brosur digital, dan formulir Pendaftaran online. Hasil uji coba menunjukkan sistem berjalan sesuai spesifikasi kebutuhan. Integrasi konten dan strategi digital marketing seperti Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, media sosial dan Google Ads berhasil mendukung pemasaran online Universitas Parna Raya. Rekomendasi untuk pengembangan berikutnya antara lain peningkatan kapasitas server, update konten terbaru secara rutin, penambahan fitur live chat, serta evaluasi secara berkala.

Referensi

Aris Susanto. (2021). Mudah Membangun Website Sekolah Dengan CMS Wordpres. Deepublish.

Bolung, Brian. (2023). Perancangan Sistem Informasi Jasa Penitipan Barang Dan Jual Menggunakan Website Di Sulut. Jurnal Logika, 1. https://jurnal.parnaraya.ac.id/index.php/JL-PR/article/view/150

Damon, Ryan. 2020. Digital Marketing Handbook. New Jersey: John Wiley & Sons.

Fatmawati, Surya. Dewi. (2020). Pembuatan Brosur Berbahasa Inggris Menggunakan Media Video Animasi. Ahlimedia Book.

Harsono, Vimi. 2022. Powerful Digital Marketing: Teknik Jitu Target Konsumen di Era Digital. Jakarta: Gramedia.

Jogiyanto, Hartono 2021. Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: ANDI

Karaeng, Jesicca., Dkk. (2023). Analisa Dampak Penggunaan Media Sosial (Online) Terhadap. https://jurnal.parnaraya.ac.id/index.php/ebis/article/view/147

Kadir, Abdul. 2020. Dasar Perancangan dan Implementasi Database. Yogyakarta: Andi Offset.

Kasali, Rhenald. 2017. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

McLeod Jr, Raymond & Schell, George. 2022. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Miftahul Huda. (2021). Bisnis Web Hosting: Teknologi Pendukung Untuk Menjalankan Usaha Web Hosting. bisakimia.

Muhammad Nugi Abdiansyah. (2018). Manajemen Hosting Berbasis WHM/cPanel. Excellent Publishing.

Morissan, Moris 2020. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: PrenadaMedia

Pressman Roger S. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.

Purbo, Onno W & Wahyudi, Aang Arif. 2018. Buku Pintar Internet: Teknologi dan Aplikasi Internet. Jakarta: Mediakita.

Rumambi, Jhonsan. 2018. Website Company Profile Html5 & CSS3. Yogyakarta: Lokomedia.

Shimp, Terence A. 2018. Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Welang, Agianlee., & Laloan, Tonny Denny. (2023). Analisa Sistem Penjualan Online dan Offline Toko Weltu Emas Meubel. Jurnal Entrebis, https://jurnal.parnaraya.ac.id/index.php/ebis/article/view/146

Whitten Jeffrey L. 2019. Metode Desain & Analisis Sistem. Yogyakarta: Andi

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30