PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MARKETING UNIPAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

Penulis

  • Rosdiana Simbolon Universitas Parna Raya
  • Sintia Livia Araman Universitas Parna Raya
  • Abdul Latif Tasman Universitas Parna Raya
  • Jenny Evelin Palunsu Universitas Parna Raya
  • Josephin Djaine Laloan Universitas Parna Raya

Kata Kunci:

Digital Marketing, Universitas Parna Raya

Abstrak

Perkembangan digital marketing memiliki dampak signifikan bagi pemasaran produk dan jasa, termasuk layanan pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan e-marketing digital yang efektif bagi Universitas Parna Raya dalam meningkatkan minat calon mahasiswa baru. Metode analisis dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan strategi e-marketing Universitas Parna Raya saat ini masih minim. Rekomendasi strategi antara lain pembentukan tim khusus, peningkatan kualitas dan kuantitas konten digital, optimalisasi iklan digital, serta integrated marketing information system. Implementasi strategi tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya saing Universitas Parna Raya dalam merekrut calon mahasiswa baru di era digital. Berdasarkan pembahasan dan analisis yang telah dilakukan mengenai strategi pengembangan e-marketing digital di I)Universitas Parna, dapat ditarik beberapa kesimpulan antara lain: Strategi e-marketing digital Universitas Parna saat ini masih tergolong minim dan belum optimal, hanya sebatas website, media sosial Facebook dan Instagram, serta iklan di beberapa marketplace pendidikan tanpa konsistensi.2) Analisis SWOT mengidentifikasi masih lemahnya konten digital, data analitik, serta tim khusus pengel ola digital marketing menjadi kelemahan utama Universitas Parna saat ini dalam persaingan. 3) Rekomendasi strategi pengembangan e-marketing yang potensial antara lain pembentukan tim khusus, peningkatan kualitas dan kuantitas konten, optimalisasi iklan digital. pemanfaatan influencer hingga sistem informasi pemasaran terintegrasi. Untuk saran Perlu dilakukan perencanaan komprehensif strategi digital marketing dengan target yang jelas setiap tahunnya guna meningkatkan minat calon mahasiswa banı Universitas Parna Menganggarkan dana dan sumber daya manusia yang cukup guna mengimplementasikan berbagai program pengembangan digital marketing yang telah direncanakan.

Referensi

Abdul Rauf, Farah Diba, Dkk. (2021). Digital marketing: Konsep dan Strategi.

Jakarta:Insania

Apridi, Apriadi. (2022). Metaverse: Konsep Pendidikan yang Akan Datang. Prosiding Seminar Nasional Hybrid 23 Juni 2022, 138-146.

Ariesto Hadi Sutopo. (2023). Metaverse dalam Pendidikan. Jakarta:

Topazart

Assauri Sofjan, (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi pertama. Jakarta:

Rajawali Pers

Brennen Scott., & Kreiss Daniel, (2019). Digitalization. The International Encyclopedia of Communication Theory and Philosophy, 1-11.

Cahyadi Erin Dwi (Ed.). (2021). Era Baru Teknologi: Transformasi Digitalisasi di Berbagai Sektor. Surabaya: Penerbit Sejahtera.

Cepi Barlian, (2022) “Metaverse Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Masa Depan,” J. Educ. Lang. Res., vol. 12, no. 1, pp. 2133–2139, 2022, doi:10.21608/pshj.2022.250026.

Devi Asiati (2019). Indonesia UMKM Dalam Era Transformasi Digital

Jakarta: YOI Febrianto, F., & Silaban, M. W. (2021). Jokowi Ungkap Cerita Mark Zuckerberg Soal Masa Depan Metaverse. Tempo.Co. 15 Desember 2021 https://bisnis.tempo.co/read/1539585/jokowi-ungkap-cerita-mark-zuckerberg-soalmasa-depan-metaverse (diakses 19 November 2023)

Gunawan Andi, & Fachrunnisa Olivia(2018). Digital Marketing Communication and Information Technology Usage in Higher Education Marketing. Procedia Computer Science, 135, 676-682.

Hermawan Agus. (2018). Komunikasi pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Hidayat Darmawan. (2018). Metaverse dan Perubahan Sosial: Dampak Digitalisasi pada Interaksi Manusia.Yogyakarta: Penerbit Megah Jaya.

Järvinen, Joel, & Taiminen Heini. (2019). Harnessing marketing automation for B2B content marketing. Industrial Marketing Management, 54, 164-175

Kalubota Alfa (2023). Tugas Akhir: Pengaruh Marketing Sosial Media Tik Tok terhasdap Penjualan Online Dalam Perkembangan Teknologi Metaverse.

Manado: Unipar.

Kotler, Philip. dan Keller, Kevin.Lane. (2019). Marketing Management 15th Edition. England: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. New Jersey: John Wiley & Sons.

Riadhus Sholihin (2019) Digital Marketing di Era 4.0 - Penerbit : Anak Hebat

Rian Andriani, Ignatius Wiseto Prasetyo Agung, dan Dasrun Hidayat, (2023).Kepemimpinan dan Kewirausahaan Pada Era Digital. Jakarta: Simbiosa

Rouse Martyn. (2020). Digitization (digitisation) (02/2020). Gartner. https://www.gartner.com/en/information-technology/glossary/digitization-digitisation

Ryan Damian ,(2020). Understanding digital marketing: marketing strategies for engaging the digital generation. Philadelphia: Kogan Page Publishers.

Bughin, Jacques Chui, M., & Manyika, J-Choi. (2010). Clouds, big data, and smart assets: Ten tech-enabled business trends to watch. McKinsey Quarterly, 56(1), 75-86.

Ryan Damian., & Jones Calvin. (2019). Understanding digital marketing: Marketing strategies for engaging the digital generation. Philadelphia: Kogan Page.

Ryan, Damian. (2020). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. Philadelphia: Kogan Page Publishers.

Setiawan, Agung . (2020). Digitalisasi dalam Dunia Bisnis: Tantangan dan Peluang. Jakarta: Penerbit Andalan.

Setiawan, Bagas. L. (2018). Strategi konten marketing dengan google Adwords: Panduan lengkap bikin iklan di google sampai laris manis. Bandung, Indonesia: Dunia Komputer.

Susanto, B. (2019). Masa Depan Metaverse: Pengaruh Digitalisasi dalam Kehidupan Manusia. Bandung: Pustaka Cipta Abadi.

Seo, Yu jin Choi., & Park, Jin-who. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management, 66, 36-41.

S. H. Alexander. Sugiharto. (2022). NFT & Metaverse: Blockchain, Dunia Virtual & Regulasi. Jakarta selatan: books.google.com, [Online]. Available:

https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=D_5ZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=generasi+alfa+dan+era+metaverse&ots=DLyfhgBSFk&sig=MOzNS3-ocDf_IdmtvzWfgGHFX0M

Strauss Judi., & Frost Raymond (2019). E-marketing (7th ed.). Boston: Cengage

Learning.

Strauss Judi, & Frost Raymond (2019). E-Marketing, 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Susilawati Evi, Digitalisasi Era Metaverse, Tulungagung: Akademia Pustaka,

Tjiptono, Fandy. (2018). Strategi pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Penerbit

Andi.

Tjiptono, Fandy., & Chandra, G. (2019). Pemasaran Strategik. Yogyakarta:

Penerbit Andi.

Umar Husain. (2003). Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Wahyudi Wijayanto. (2022). Era Golalisasi: sejarah dan Perkembangan. Yokyakarta: Cv.

Media Edukasi Creative

Wirtz, Bernd. W., Gottel, Vincent., & Daiser, Petter. (2018). Business model innovation: Development, concept and future research directions. Journal of

Business Models, 5(1), 1-28.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-17