PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MARKETING UNIPAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF
Kata Kunci:
TikTok, Facebook, era metaverse, manfaat, dampak negatif, privasi data, tanggung jawabAbstrak
Perkembangan teknologi modern yang pesat, membuat banyak perubahan terjadi dalam kehidupan manusia, termasuk dalam menangani permasalahan yang berkaitan dengan proses pembangunan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi marketing bagi Universitas Parna Raya (UNIPAR) yang berbasis multimedia interaktif. Kebutuhan akan sistem informasi marketing yang efektif dirasakan mendesak oleh pihak universitas untuk dapat bersaing dan menjaring minat calon mahasiswa baru di tengah ketatnya persaingan antar perguruan tinggi. Oleh karena itu penelitian dilakukan dengan menggunakan konsep multimedia interaktif yang diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dan efektivitas konten pemasaran UNIPAR.
Sistem informasi marketing UNIPAR dirancang dalam bentuk video profil kampus dengan menerapkan prinsip-prinsip multimedia interaktif. Video ini berisi cuplikan mengenai sejarah universitas, fasilitas pendukung akademik seperti perpustakaan dan laboratorium, sarana dan prasarana kampus, program studi yang ditawarkan beserta kurikulum dan prospek karir lulusan, hingga kegiatan akademik dan non-akademik di dalam kampus UNIPAR. Seluruh konten video dikemas sedemikian rupa dengan mengedepankan unsur informasi, estetika, dan interaktivitas agar menarik minat calon mahasiswa.
Setelah video selesai diproduksi, video profil UNIPAR tersebut diunggah ke dalam website resmi universitas agar dapat diakses secara luas oleh sasaran calon mahasiswa di berbagai daerah. Pada website juga dilengkapi fitur media sosial yang terhubung dengan akun resmi UNIPAR untuk lebih mendekatkan interaksi calon mahasiswa dengan aktivitas terkini di dalam kampus. Setelah sistem informasi marketing UNIPAR berbasis multimedia interaktif diluncurkan, peneliti melakukan serangkaian pengujian dan survei untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan sistem baru tersebut. Hasil pengujian dan survei menunjukkan bahwa video profil UNIPAR dinilai sangat informatif dan menarik oleh responden. Sebagian besar responden mengaku video sangat membantu untuk memahami keunggulan serta kelebihan memilih UNIPAR sebagai tempat melanjutkan studi perguruan tinggi mereka. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa multimedia interaktif merupakan instrumen pemasaran yang efektif untuk mempromosikan institusi pendidikan seperti UNIPAR di era digital saat ini.
Referensi
Ariesto Hadi Sutopo. (2023). Metaverse dalam pendidikan. Topazart.
Akbar Iskandar, Anga Aditya Pranana, Safrizal, Arief Yanto Rukmana, Andy Rachman, Wirawan Istiono, Alexander Waworuntu, Johni S Pasaribu, St. Hajrah Mansyur, Suwito Pomalingo, I Made Pustikayasa, Yuniansyah, Decky Hendarsyha, & Adele B. L. Mailangkay. (2023). Metaverse: Dunia Virtual Masa Depan Di Era Society 5.0 Global Eksekutif.
Malimbe Armylia, Fonny Waani, & Evie A.A. Suwu. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online TikTok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. JURNAL ILMIAH SOCIETY 1(1), 1-10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/35815
Novita Diana, Agus Herwono, & Nafisal Yuliani. (2021). Penggaruh Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Dalam Meningkatkan brand Awearness. Penerbit Global Akssra Pres : Buku Manograf.
Felix Raymond, Andreas Rauschnabel, & Chris Hinsch. (2021) "TikTok: A Promising Marketing Platform." Journal of Interactive Marketing 57 hal: 45--63.
Helmy Faisal Muttaqin & Evan Setiawan. (2023). Turbolensi Marketing. Cv. Sinar Jaya Berseri.
Nugroho Eka Prasetio. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Siswa Kelas IX Di MTS Mathla`ul Anwar Jatiuwung Kota Tangerang. Skripsi Sarjana. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rachmadtullah Reza, Bramianto Setiawan, Andarmadi Jati Abdhi Wasesa, & Jatu Wahyu Wicaksono. (2022). Monograf Pembelajaran Interaktif Dengan Metaverse Penerbit : CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Estiana Ria, Nurul Giswi Karomah, & Teddy Setiady. (2022). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi Pada UMKM. Deepublisher.
Setiyani Tika. (2022) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Akhlak Remaja Di Desa Rukti Endah Seputih Raman Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/63