PENGARUH MARKETING SOSIAL MEDIA TIKTOK TERHADAP PENJUALAN ONLINE DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI METAVERSE

Penulis

  • Gede Erik Aktama Universitas Parna Raya
  • Horas Marbun Universitas Parna Raya
  • Alfa Debyto Kalubota Universitas Parna Raya
  • Nolly Mozes Ratela Universitas Parna Raya

Kata Kunci:

TikTok, pemasaran sosial media, penjualan online, metaverse

Abstrak

Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat, terutama di era digital ini, peran media sosial telah menjadi sangat signifikan dalam dunia bisnis. Salah satu platfrom media sosial yang mengalami pertumbuhan yang luar biasa adalah TikTok. Tiktok adalah aplikasi berbagi vidio pendek yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagiakan vidio berdurasi 15-60 detik. TikTok telah menjadi salah satu aplikasi media sosial yang sangat populer di seluruh dunia, dan telah diunduh lebih dari 2 miliar kali dan memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh merketing sosial media TikTok terhadap penjualan online dalam konteks perkembangan teknologi metaverse. Penelitian mengkaji apakah pemasaran di TikTok efektif meningkatkan penjualan dan meningkatkan pengetahuan pelanggan tentang produk yang dijual. Penelitian ini menggunakan  metode survei pada 20 pelaku usaha di Kota Manado yang menggunakan TikTok sebagai alat pemasaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran di TikTok memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan visibilitas bisnis dan penjualan online. Marketing media sosial TikTok sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan online. Sebagian besar pelaku usaha melaporkan adanya peningkatan dalam jumlah pengunjung, pengikut dan penjualan online setelah menggunakan TikTok sebagai strategi pemasaran. Kontek kreatif di TikTok juga terbuktiefekti dalam menarik perhatian konsumen dan membangun citra positif bagi bisnis. TikTok terbukti efektif dalam menjangkau calon pelangan. Pengguna platfrom ini telah menghasilkan peningkatan dalam jumlah pengunjung dan pengikut akun TikTok pelaku usaha. Pemasaran melalui TikTok telah berkontribusi pada peningkatan penjualan online bagi sebagian besar pelaku usaha.   

Referensi

Abdurrahman Ginanjar, Hardian Oktavianto, Ega Yusni Habibie, Anggar Wahyu Hadiyatullah (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2). https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Akbar Iskandar, Angga Aditya Permana, Safrizal, Arief Yanto Rukmana, Andy Rachman, Wirawan Istiono, Alexander Waworuntu, Johni S Pasaribu, St. Hajrah Mansyur, Suwito Pomalingo, I Made Pustikayasa, Yuniansyah, Decky Hendarsyah, Adele B. L. Mailangkay (2023). Metaverse: Dunia Virtual Masa Depan Di Era Society 5.0 (Diana Purnama Sari, Ari yanto, & Atyka Trianisa, Eds.). PT Global Eksekutif Teknologi.

Citra Rosalyn Anwar, Risma, Nurul Septiani, Fitriani N, Purnama, Ria Kurnia, Sulaiaman, Andi Alamsyah, Rivai, Dian Ismidiati, Muh. Rahman R Chehe Nurmalasari, Wati Hanapi, Abd. Rahman, Andi Muh. Fahri Hufaini, Siti Munipa (2023) Belajar dari Rumah: Difusi dan Inovasi Pendidikan Di Masa Pandemi. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Dewi Suma, & Budi Alamsyah Siregar. (2023). Bisnis Digital. CV. Azka Pustaka.

Helmy Faisal Muttaqin & Evan Setiawan. (2023). Turbolensi Marketing, Cv, Sinar Jaya Berseri.

Inggita Drawina. (2018). Paktek Jual Beli Online Pada Situs Tokopedia.com Ditinjau dari Prinsip Dasar Fiqh Muamalah (Studi Kasus Pengguna Tokopedia.com di Kota Kediri). IAIN Kediri.

Juliana, Pramezwary Amelda, Arifin Djakasaputra, & Sri Aprianti Tarigan. (2022). Dasar-dsar Pemasaran. PT. Nasya Expanding Manajement. Jawa Tengah.

Nurjanah Mutiara Agil (2023). Analisis Masalah Ibnu Absyur Terhadap Iplementasi Peraturan Pada Tik Tok Shop. (2023): Bojonegoro, 07 Juli 2023.

Philips, Kotler, & Gary, Armstrong. (2018). Principles of Marketing. Boston: Pearson.

Purawinangun, Ira Anisa & Maulana, Yusuf (2020). GERAKAN LITERASI GENERASI MILENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1).

https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2401.

Tommy Teja & Reynaldi (2022). Mengerti Metaverse.(2022); Exel Media Komputindo. 24 Jul 2022.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-28