SISTEM PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 1 HALMAHERA UTARA

Penulis

  • Universitas Parna Raya Manado
  • Stery Rival Sendow
  • Marco Laluan
  • Rosdiana Simbolon
  • Clara Lawalata

Kata Kunci:

Sistem, Pembelajaran daring, SMA Negeri 1 Halmahera Utara

Abstrak

Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh.

Tujuan penelitian ini meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di SMA NEGERI 1 HALMAHERA UTARA, mendorong siswa untuk aktif dalam meningkatkan tingkat percepatan dan penyerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Action Research yaitu dapat merancang dan membuat suatu alat, atau aplikasi yang dapat langsung di implementasikan dalam masyarakat.

Hasil dari penelitian ini adalah menciptakan system pembelajaran daring yang dapat mempermudah bagi guru maupun siswa dalam proses belajar – mengajar. System pembelajaran daring ini dirancang untuk memberikan kemudahan dalam mengelola video pembelajaran, data mata pelajaran serta jadwal pelajaran, dan data nilai. System ini dapat membantu pembelajaran yang dilakukan dimanapun dan kapanpun melalui media internet secara online.

Full Text PDF

Referensi

Adrian Qadhli Jafar & Mara, Destriningrum.(2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis web dengan menggunakan Framework CodeIgniter (studi kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Tekno info, 11(2), 30-37.

Alatas, Husein. 2013. Responsive Web Design dengan PHP & Bootstrap.Yogyakarta. Lokomedia.

Buana, I Komang Setia. 2014. Jago Pemrograman PHP. Jakarta : Dunia Komputer.

Darmawan, Deni. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Galyen, Dickson-Deane.,& Moore. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education..

Hutahaean, Jeperson. 2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Deepublish

Jayan. 2010. CSS Untuk Orang Awam. Palembang : Maxicom.

Kadir Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi. Yogyakarta.

Kawistara Jauhati Khairul, dan Hidayatullah, Priyanto. 2015. Pemrograman web. Bandung :Informatika Bandung.

Kuntarto, Eko. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 06, No. 02 (2020), Hal. 214 – 224 Ali Sadikin. dkk 223 Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820

Madcoms Madiun. 2016. Pemrograman PHP dan MySQL Untuk Pemula : Andi Yogyakarta.

Malik Ibrahim & Andi, Rahman, Putera (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Buku Perpustakaan SMP Negeri 1 Madiun. Journal of Computer and Information

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-14